Minggu, 14 Juni 2009

Oleh-Oleh dari Desa Jenggolo



Saya baru saja baca artikel pada blog ctc jenggala dan saya kagum pada mereka yang mendirikan ctc tersebut. CTC kalo ga salah merupakan singkatan dari Community Technology Center, atau apalah ga masalah. yang menjadi sorotan utama saya adalah visi dan misi serta ketulusan mereka dalam menjalankan organisasi mereka yang sangat jarang bisa ditemui pada masyrakat di jaman sekarang.
CTC Jenggala pada dasarnya adalah sebuah organisasi non-profit yang berdiri di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. CTC Jenggala merupakan teknologi informasi berbasis masyarakat berdiri pada tanggal 9 september 2007. Organisasi ini didirikan oleh Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dari 4 Desa yaitu Desa Jenggolo, Desa Sengguruh, Desa Mangunrejo, Desa Kemiri. namun dalam pendiriannya, Gapoktan tidak sendirian. Mereka dibantu oleh sebuah Lembaga yang berkantor di Perum Karanglo Indah i/4 Malang dan bernama LPKP. LPKP sendiri kalau saya ga salah lagi merupakan singkatan dari Lembaga Pengkajian Kemasyaraktan dan Pembangunan. selain LPKP Gapoktan juga dibantu oleh Microsoft dan formasi indonesia.
Nah, dalam bahasa awamnya tujuan dari didirikannya CTC Jenggala ini adalah untuk memperkenalkan teknologi komputer dan internet kepada masyarakat, atau memasyarakatkan Teknologi Informasi. Dan setelah saya amati sedikit lebih dalam, respon masyarakat setempat sangat baik sekali bahkan mereka mereka sangat menyambut dengan antusias keberadaan beserta program-program dari CTC Jenggala ini. Hal terlihat dari banyaknya masyarakat, khususnya para pemuda dan pemudi yang ikut belajar atau istilahnya "Les Komputer dan Internet" di basecamp CTC Jenggala.
Secara Tidak langsung CTC Jenggala juga telah memajukan Sumber Daya Masyarakat di sekitarnya. hal bisa dilihat dengan munculnya beberapa Warnet Komersial yang berdiri di beberapa desa di sekitarnya.
Salut Deh pokoknya buat mereka yang berjasa dalam pendirian CTC Jenggala.
Maju Terus Bung ......................
Mari Kita Majukan SDM Indonesia
Merdeka ...................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lepaskan saja